#027 – Kepala Hitam-Putih

Lima orang manusia, sebut saja Sule, Aziz, Andre, Parto, dan Nunung, ingin memainkan sebuah permainan yang bernama “kepala hitam-putih”.

Dalam permainan ini, masing-masing pemain akan menandai dahinya dengan titik berwarna hitam atau putih. Orang yang menandai dahinya dengan titik berwarna hitam akan selalu berkata bohong dalam permainan. Sebaliknya, orang yang menandai dahinya dengan titik berwarna putih akan selalu berkata jujur dalam permainan. Tiap pemain bertugas melihat warna titik di dahi pemain-pemain lainnya dan mengatakan titik warna apa saja yang dilihatnya sesuai dengan sifat yang ia miliki (bohong atau jujur).

Letak serunya permainan ini adalah ada seorang spectator yang bertugas untuk menebak warna titik di dahi masing-masing pemain. Spectator tidak bisa melihat langsung titik di dahi pemain. Jadi, spectator menebak warna titiknya dengan modal pernyataan yang diucapkan oleh masing-masing pemain.

Berikut pernyataan yang diucapkan masing-masing pemain.

Sule : “Aku melihat 4 titik hitam.”

Aziz : “A… aku melihat ada 4 titik pu… putih.”

Andre : “Diriku melihat ada 3 titik hitam dan 1 titik putih.”

Parto : “Aku melihat 3 titik putih dan 1 titik hitam.”

Sekarang, Anda berperan sebagai spectator. Tugas Anda adalah menebak warna titik di dahi masing-masing pemain. Dapatkah Anda mengetahui warna titik di dahi masing-masing pemain?

Catatan: Semua tokoh, nama tokoh, watak, dan kejadian di atas hanyalah rekayasa. Jika ada kesamaan dengan kejadian yang asli, kami mohon maaf karena kami tidak berniat untuk menulis ulang kejadian tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s